mengelola waktu secara efisien

Mengelola Waktu secara Efisien

            Apa itu Waktu ? Bagaimana kita bisa mengatur waktu ? dan Apa Kegunaan Waktu yang setiap orang miliki ?. Semua pertanyaan diatas adalah tentang Waktu yang biasa kita ikuti setiap harinya. Untuk definisi waktu adalah suatu sumber daya yang sangatlah berharga dalam hidup kita sendiri. Karena kita sendiri secara tidak disadari bahwa kita juga sering menyia-nyiakan waktu kita untuk hal-hal yang tidak penting. Ada pula orang yang membuang waktu nya untuk bekerja terus menerus tanpa ada istirahat demi mencari kebutuhan yang diinginkan. Waktu yang dimiliki oleh setiap orang adalah sama, yaitu 24 jam. Namun orang-orang selalu melakukan aktifitas selama ia mampu dan bisa mengerjakannya secara maksimal. Meskipun waktu yang dimiliki semua orang adalah sama, tetapi cara orang memanfaatkan waktunya berbeda-beda. Dalam dua titik yang ekstrem dan saling berseberangan, ada banyak orang yang seolah dia merasa bahwa dirinya punya banyak waktu, sementara itu adapun sebagian orang malah merasakan kekurangan waktu yang dibutuhkannya. Jadi apa perlu kita harus mengatur waktu untuk diri sendiri ? tentu saja perlu, karena memang membutuhkannya untuk mengerjakan apa yang di kerjakannya.
            Ada orang yang begitu leluasa mengatur waktunya sehingga terkesan amat sangat santai dan tenang dalam mengerjakan sesusatunya. Akan tetapi ada juga sebagian orang yang begitu sibuk sehingga setiap menitnya begitu berharga dan karenanya sering mengeluh selalu kekurangan atau tidak punya waktu. Apakah anda pernah mendengarkan orang yang mengatakan “bagi saya waktu 24 jam sehari itu tidak cukup untuk mengerjakan tugas saya”. Oleh karena itu kita harus bisa mempelajari tentang manajemen waktu. Apakah kita harus mengelola waktu ? pertanyaan tersebut tidak lah bisa untuk di ujikan. Karena waktu tidak bisa dikelola sebab waktu akan terus berjalan dan berputar sampai kita tidak sampai kapan kita sendiri berhenti. Yang dibutuhkan untuk manajemen waktu adalah mengelola diri kita terhadap waktu yang ingin dibutuhkan. Sehingga kita mendapatkan waktu atau jadwal yang telah disesuaikan sendiri. Dengan begitu semua aktifitas kita akan bisa dikerjakan dengan sempurna. Dan yang terpenting bisa memanage waktu yang sudah kita buat sendiri.

REF :
ARMALA, Menjadi Manajer itu Gampang, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.





Komentar

Postingan Populer