mengelola waktu secara efisien
Mengelola Waktu secara Efisien
Apa
itu Waktu ? Bagaimana kita bisa mengatur waktu ? dan Apa Kegunaan Waktu yang
setiap orang miliki ?. Semua pertanyaan diatas adalah tentang Waktu yang biasa
kita ikuti setiap harinya. Untuk definisi waktu adalah suatu sumber daya yang
sangatlah berharga dalam hidup kita sendiri. Karena kita sendiri secara tidak
disadari bahwa kita juga sering menyia-nyiakan waktu kita untuk hal-hal yang
tidak penting. Ada pula orang yang membuang waktu nya untuk bekerja terus
menerus tanpa ada istirahat demi mencari kebutuhan yang diinginkan. Waktu yang
dimiliki oleh setiap orang adalah sama, yaitu 24 jam. Namun orang-orang selalu
melakukan aktifitas selama ia mampu dan bisa mengerjakannya secara maksimal.
Meskipun waktu yang dimiliki semua orang adalah sama, tetapi cara orang
memanfaatkan waktunya berbeda-beda. Dalam dua titik yang ekstrem dan saling
berseberangan, ada banyak orang yang seolah dia merasa bahwa dirinya punya
banyak waktu, sementara itu adapun sebagian orang malah merasakan kekurangan
waktu yang dibutuhkannya. Jadi apa perlu kita harus mengatur waktu untuk diri
sendiri ? tentu saja perlu, karena memang membutuhkannya untuk mengerjakan apa
yang di kerjakannya.
Ada
orang yang begitu leluasa mengatur waktunya sehingga terkesan amat sangat
santai dan tenang dalam mengerjakan sesusatunya. Akan tetapi ada juga sebagian
orang yang begitu sibuk sehingga setiap menitnya begitu berharga dan karenanya
sering mengeluh selalu kekurangan atau tidak punya waktu. Apakah anda pernah
mendengarkan orang yang mengatakan “bagi saya waktu 24 jam sehari itu tidak
cukup untuk mengerjakan tugas saya”. Oleh karena itu kita harus bisa
mempelajari tentang manajemen waktu. Apakah kita harus mengelola waktu ?
pertanyaan tersebut tidak lah bisa untuk di ujikan. Karena waktu tidak bisa
dikelola sebab waktu akan terus berjalan dan berputar sampai kita tidak sampai
kapan kita sendiri berhenti. Yang dibutuhkan untuk manajemen waktu adalah
mengelola diri kita terhadap waktu yang ingin dibutuhkan. Sehingga kita
mendapatkan waktu atau jadwal yang telah disesuaikan sendiri. Dengan begitu
semua aktifitas kita akan bisa dikerjakan dengan sempurna. Dan yang terpenting
bisa memanage waktu yang sudah kita buat sendiri.
REF :
ARMALA, Menjadi Manajer itu Gampang, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,
2013.
Komentar
Posting Komentar