jejaring sosial


“JEJARING SOSIAL”
Jejaring sosial merupakan suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul ( dari suatu individu yang berkumpul dan membuat menjadi satu organisasi). yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang suatu hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah satu individu di dalam satu jaringan, sedangkan sebuah ikatan adalah hubungan antar individu tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang sudah dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial antar individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/68/Social-network.svg/220px-Social-network.svg.pngIstilah jejaring sosial ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja.
Atau kalau mau lebih jauh, bentuk mailing list sebagai cikal bakal komunitas internet yang sudah lama digunakan.

Gambar tersebut termasuk diagram
Jejaring sosial. Dimana dari satu individu
Membuat satu ikatan dan bergabung dengan
Individu yang lain sehingga membentuk satu organisasi atau komunitas yang mana dari organisasi tersebut bisa membuat percakapan dari satu individu ke individu yang lain.
Banyak sekali jenis-jenis jejaring sosial yang digunakan untuk masyarakat sekitar. Seperti facebook, twitter, friendster, yourfriends, yahoomessanger, hi5, my space, dll. Itu merupakan jejaring sosial yang sering digunakan oleh semua orang. Dalam bidang psikologi mungkin jejaring sosial bermanfaat untuk sosialisasi dan ilmu bagaimana kepribadian seseorang tersebut terbentuk.
http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking
www.wikipedia.com

Komentar

Postingan Populer